IBX582A8B4EDEABB Cara Posting Konten Blog Lewat E-mail (Tips Blogging Hemat Kuota Internet - Part I) | Info Absurditas Kata Cara Posting Konten Blog Lewat E-mail (Tips Blogging Hemat Kuota Internet - Part I) - Info Absurditas Kata
Beranda · E-Mail Koran · Info Lomba · Kiat Menulis · Adsense · SEO Youtube · Jasa · Toko · Blog

Cara Posting Konten Blog Lewat E-mail (Tips Blogging Hemat Kuota Internet - Part I)

Kali ini admin akan berbagi cara posting konten blog lewat e-mail dalam skala kecil tidak akan terasa perbedaan pemakaian bandwith-nya, tapi bagi pengelola blog yang jumlahnya lebih dari satu (belasan sampai puluhan), cara poting lewat e-mail sangat efektif untuk menghemat kuota internet. Karena posting dilakukan hanya dengan membuka e-mail.

Menulis konten blog yang baik biasanya dilakukan melalui dashboard (blogspot) panel admin (wordpress). Untuk blogspot masuk lewat blogger.com atau blogspot.com untuk wordpress masuk melalu www.namadomainkamu.com/wp_admin. Cara posting melalui dashboard atau panel admin memiliki keunggulan dari segi keleluasan mengatur konten. Kekuarangannya adalah memakan bandwith lebih banyak. 
Cara posting konten blog melalui e-mail ini teorinya sangat sederhana. Pertama, blog harus memiliki alamat e-mail yang sudah diatur. Kedua, subjek e-mail akan menjadi judul konten. Ketiga, konten yang ditulis di badan e-mail akan menjadi koten blog. 

Rumusnya hanya tiga saja, bila Anda lupa mengisi subjek e-mail konten blog nantinya tidak akan memiliki judul. Bila ada menulis konten bukan pada badan e-mail (malah dilampirkan/diattach) nantinya konten akan kosong.

Pengaturan posting konten blog melalui e-mail
Pengaturan pertama ya jelas, Anda harus membuat e-mail rahasia di blog yang nantinya alamat e-mail rahasia itu akan menjadi alamat tujuan dari konten-konten yang akan anda posting.

Membuat e-mail rahasia untuk posting melalui e-mail sangat mudah. Sekarang kita akan membahas cara posting konten blog melalui e-mail untuk blogger/blogspot. Ada pun cara posting konten blog wordpress akan dibahas pada artikel yang berbeda.

Cara Pengaturan Blogger untuk Posting Lewat E-mail
Ikuti tahap-tahap berikut agar Anda bisa mengatur blog agar memungkin untuk diisi kontennya melalui e-mail. Pertama, masuk ke Dashboard. Kedua, klik Setting/Pengaturan. Ketiga, Klik Mobile and E-mail. Keempat, masukan kata rahasia alamat e-mail blog Anda (lihat gambar) Kelima, pilih publish email immediately.



Pada gambar di atas, saya memiliki tiga kotak. Kotak pertama bewarna merah, kotak kedua berwarna hijau, kotak ketiga berwarna kuning.

Letak panel SETTING/PENGATURAN ada di kotak pertama. Klik saja agar sub-menunya keluar. Kemudian klik lagi MOBILE and EMAIL dan perhatikan gambar sebelah kanan yang saya beri warna kuning. Pada kotak berwarna kuning, tuliskan kata rahasia apa saja yang anda inginkan. Variasi huruf bebas, boleh memakai huruf, angka dan symbol. Pada contoh di atasnya misalnya saya menulis kata rahasia "admin", maka nantinya alamat e-mail blog adalah absurditasmalka.admin@blogger.com (simpan alamat e-mail di kontak gmail/yahoo Anda)

Tepat di bawah kotak kuning, ada tiga pilihan radio button yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Pilihan pertama, publish email immediately bila Anda memilih ini, maka semua e-mail yang anda kirim dari gmail/yahoo ke alamat e-mail blog yang sudah Anda buat tadi akan segera dipublish ke blog alias immediately.

Pilihan kedua, sava emails as draft post bila Anda memilih ini, maka semua e-mail yang anda kirim dari gmail/yahoo ke alamat e-mail blog yang sudah Anda buat tadi tidak akan dipublish ke blog alias diendapkan menjadi draft agar bisa tampil di blog (terposting) Anda harus login ke dashboard blogger. Pilihan ketiga berarti blog Anda tidak bisa memposting konten lewat e-mail.

Saya menganjurkan pilih radio button pertama agar konten segera dipublish, agar ngeblog hemat bandwith-nya lebih gereget. Percuma juga kalau posting lewat e-mail tapi harus masuk juga ke dashboard :D

Demikian, cara mudah posting konten blog lewat e-mail. Btw, cara posting konten blog lewat e-mail ini memiliki kelemahan tersendiri, konten tidak memiliki kategori :D Itu saja sih kekurangannya. 

Cara blogging hemat kuota internet part II akan ditulis dalam artikel berikutnya. Kita akan berbagi cara mengatur SEO dan keyword secara off line (sejak dari MS Office), sehingga ketika konten dikirim ke e-mail sudah siap tempur, ga usah ngatur-ngatur lagi SEO dan keyword. Tunggu ya. Happy blogging! Keep writing! O iya, konten ini diposting oleh admin melalui e-mail, sebagai sampel J Hatur nuhun All

Artikel keren lainnya:

2 Tanggapan untuk "Cara Posting Konten Blog Lewat E-mail (Tips Blogging Hemat Kuota Internet - Part I)"

  1. artikel yang sangat menarik gan, mantab benget deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, biar lebih joss, dihyperlink langsung aja komentarnya ke blogmu, mislanya" artikel yang sangat menarik gan, mantab benget deh... semoga menjadi obat yang mujarab" Tuh kata frase obat yg mujarabnya dilink ke kontenmu Bang :D hihihi

      Delete

Berkomentar memakai akun Blogger akan lebih cepat ditanggapi, berkomentar memakai akun Facebook tergantung radar :D Terima kasih telah berkomentar