IBX582A8B4EDEABB Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet | Info Absurditas Kata Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet - Info Absurditas Kata
Beranda · E-Mail Koran · Info Lomba · Kiat Menulis · Adsense · SEO Youtube · Jasa · Toko · Blog

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Info Absurditas Kata - Bolehkan laman internet dijadikan sumber rujukan dalam karya tulis? Boleh saja, informasi digital yang dikutip dari internet dari laman tertentu bisa dijadikan sebagai daftar pustaka. Hanya saja ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, jadi tak boleh sembarangan menambahkan laman tertentu sebagai rujukan.

Ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam mengambil daftar pustaka dari internet? Bagaimana menulis daftar pustaka yang bersumber dari internet? Kalem, kita akan bagikan semuanya di tulisan ini.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet


Beberapa ketentuan ini sifatnya wajib untuk diperhatikan, yaitu validitas dan keaslian (originalitas). Validitas yaitu informasi yang dikutip memang berisi informasi yang faktual, akurat, bukan berupa data-data hoax. Keaslian, yaitu informasi yang dikutip berupa informasi dari sumber-sumber pertama,hindari mengambil informasi dari laman copy paste. 

Bagaimana melihat valid atau tidak valid? Sulit, hari ini berita hoax dan fakta nyaris lebur, hal ini terjadi juga di berbagai media termasuk media nasional yang memiliki nama tenar. Hoax sudah menjadi bagian dari informasi. 

aturan penulisan daftar pustaka

Abaikan saja semua ketentuan di atas, langsung saja kita mulai dengan cara menulis daftar pustaka dari internet.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet
  • Nama pengarang: penulisan nama pengarang dilakukan seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  • Judul: judul tulisan diberi tanda kutip.
  • Tanggal penulisan informasi bila memakai sistem MLA (Modern Language Association)
  • Tanggal Akses: ditulis hh/bb/yyyy
  • Alamat laman informasi: alamatnya harus berupa URL lengkap, hindari memakai URL yang telah dibuat pendek (shortlink) 
Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet
Langsung saja paragraf di bawah ini memperlihatkan bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet:

Malka, Absurditas. "Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet". 20 Januari 2017. http://absurditasmalka.blogspot.com/2017/01/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet.html. 
Contoh penulisan daftar pustaka dari internet di atas cukup sederhana dan simple, semoga bermanfaat. Sampai ketemu di artikel berikutnya. Selamat menulis :) (Sumber gambar: http://uctlanguagecentre.com/wp-content/uploads/2016/10/internet-for-english.jpg)

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet"

Post a Comment

Berkomentar memakai akun Blogger akan lebih cepat ditanggapi, berkomentar memakai akun Facebook tergantung radar :D Terima kasih telah berkomentar