IBX582A8B4EDEABB Cara Menulis Kutipan dari Internet Lengkap dengan Contohnya | Info Absurditas Kata Cara Menulis Kutipan dari Internet Lengkap dengan Contohnya - Info Absurditas Kata
Beranda · E-Mail Koran · Info Lomba · Kiat Menulis · Adsense · SEO Youtube · Jasa · Toko · Blog

Cara Menulis Kutipan dari Internet Lengkap dengan Contohnya

Info Absurditas Kata - Ketika membuat karya tulis, Anda mungkin butuh mengutip informasi dari internet. Ketika berada di posisi ini, Anda harus mengetahui bagaimana cara menulis kutipan dari internet.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulis kutipan. yaitu semua informasi yang dikutip harus disertakan sumbernya pada bagian Daftar Pustaka. Jadi setelah mengutip jangan sampai lupa untuk meng-copas sumber informasinya. Cara menulis daftar pustaka dari internet silakan baca Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet.

Cara Menulis Kutipan dari Internet

Secara umum menulis kutipan baik dari internet maupun dari sumber referensi lain, dituliskan dengan dua cara, yaitu ditulis secara langsung dan ditulis secara tidak langsung. Kedua cara tersebut mungkin akan lebih jelas di uraian pada paragraf di bawah ini.

Cara Menulis Kutipan Internet Secara Langsung
Cara langsung dilakukan dengan menulis kutipan dari sumber aslinya, tidak ada kata atau kalimat yang diubah. Berikan tanda kutip untuk mengawali dan mengakhiri kutipan tersebut. Contoh kutipan langsung:
“Bolehkan laman internet dijadikan sumber rujukan dalam karya tulis? Boleh saja, informasi digital yang dikutip dari internet dari laman tertentu bisa dijadikan sebagai daftar pustaka." (Malka, Absurditas. 2017. http://absurditasmalka.blogspot.co.id/2017/01/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet.html, 30 Januari 2017)
Atau contoh berikut ini lebih sederhana lagi, Menurut Absurditas Malka dalam blognya http://absurditasmalka.blogspot.co.id/2017/01/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet.html, Bolehkan laman internet dijadikan sumber rujukan dalam karya tulis? Boleh saja, informasi digital yang dikutip dari internet dari laman tertentu bisa dijadikan sebagai daftar pustaka."
Berdasarkan contoh penulisa kutipan dari internet secara langsung di atas, elemen-elemen yang dituliskan dalam kutipan yaitu sebagai berikut:
  • Kutipan itu sendiri
  • Nama penulis yang dikutip
  • Tanggal penulisan tulisan yang dikutip
  • URL dari laman yang dikutip
  • Tanggal akses ketika Anda membuka laman yang dikutip
Contoh penulisan kutipan dari internet

Cara Menulis Kutipan dari Internet Secara Tidak Langsung
Cara kedua dalam cara menuliskan kutipan dari internet adalah menuliskan kutipan dengan cara meringkas keseluruhan kalimat dari sumber asli tanpa menghilangkan gagasan atau ide aslinya. Contohnya sebagai berikut:
Menurut Absurditas Malka dalam blognya http://absurditasmalka.blogspot.co.id/2017/01/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet.html, kita boleh menjadikan informasi dari internet sebagai daftar pustaka.
Demikian artikel mengenai contoh penulisan kutipan dari internet, semoga bermanfaat. Selamat menulis :) (Sumber gambar: http://addicted2success.com/wp-content/uploads/2013/09/Follow-Your-Heart-Picture-Quote.jpg)

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menulis Kutipan dari Internet Lengkap dengan Contohnya"

Post a Comment

Berkomentar memakai akun Blogger akan lebih cepat ditanggapi, berkomentar memakai akun Facebook tergantung radar :D Terima kasih telah berkomentar