Buat sobat yang memiliki
toko online, baik itu di blog pribadi maupun nebeng di layanan gratisan seperti Tokopedia dan sebagainya, saya kira pernah atau mungkin sering menemui konsumen yang unik. Sebenarnya nyaris sebagian besar konsumen online itu unik. Admin yang baik HARUS bersabar, ramah, dan tawakal melayani mereka semua.
Sekarang saya akan berbagi pengalaman mengenai keunikan mereka dan
cara mengahadapi konsumen toko online yang unik. Saya seringkali ketawa sendiri ketika menghadapi konsumen dengan keunikan-keunikan di bawah ini, dulu saya juga pernah menjadi seperti mereka. Hihihi :D
Berikut ini beberapa keunikan konsumen toko online yang sering terjadi di dunia bisnis online. Kadang bikin kesel sih tapi mau gimana lagi, harus disabarin apapun yang terjadi.
Minta Barang Dikirim Duluan
Dalam transaksi keseharian di dunia nyata, setelah kamu memberikan sejumlah uang tentu kamu mendapatkan sejumlah barang. Kadang seringkali sebaliknya, barang dulu diterima, kemudian uang diserahkan.
Dalam dunia digital dan bisnis online, hukumnya jelas, pembeli harus melakukan pembayaran duluan kemudian penjual mengirimkan barang. Tapi... Ada loh 1 atau 2 konsumen yang minta barang dikirim duluan :D Jiahahaha. "Mas, aku mau beli banyak tapi minta kirim barang dulu supaya yakin." atau lain sebagainya, intinya minta barang dikirim sebelum mereka bayar.
Konsumen seperti ini anggap saja mungkin baru pertama kali melakukan transaksi di dunia online atau mungkin hanya butuh diyakinkan dengan cara yang tepat. Nggak usah dijutekin ya.
Minta Sim Salabim
Konsumen toko online ini khususnya yang pemula, pertama kali berbelanja secara online atau lagi kepepet deadline (butuh banget), biasanya dia nggak sabaran. Inginnya barang keterima besok hari, ASAP (as soon as possible).
Hal tersebut sangat wajar mengingat toko online harus segera ASAP mengirimkan produk ke konsumen setelah dilakukan pembayaran. Bila ada ketentuan khusus mengenai hari libur dan sebagainya sebaiknya diberikan penjelasan melalu term and condition atau disampaikan secara langsung.
Percayalah, keterlambatan gara-gara kurir pun pada akhirnya akan menjadi beban bagi toko online. Alamat sudah ditulis dengan benar, waktu pengiriman sudah ASAP, ada beberapa kasus entah kenapa petugas kurir begitu terlambat.
Konsumen yang sudah berpengalaman mereka sudah sadar, bahwa pengiriman reguler maksimal 3x24 jam, YES maksimal 1x24 jam, dan seterusnya. Tapi konsumen baru ini, baru 12 jam saja sudah langsung PING! PING! PING! Sabar Bray, sabar.
1 Produk Seribu Pertanyaan
Keunikan lain konsumen toko online adalah banyak nanya. Deskripsi yang kamu tambahkan mengenai produk, foto yang ditampilkan dengan beberapa sudut pandang, dan detail yang sudah dituliskan cukup jelas kadang tidak membantu mereka. Ada saja konsumen yang tidak baca, ada konsumen yang entah bagaimana lebih yakin bila menerima penjelasan secara langsung dari admin, baik via chat medsos maupun kontak lainnya.
Lebih uniknya lagi, pertanyaan mereka itu sebenarnya sudah terjelaskan dalam deskripsi produk. Dan mereka sangat senang bertanya tentang A-Z mengenai satu produk. Tawakal Bray, tawakal.
Tekun Bondang-Banding
Konsumen toko online menjadi unik karena ia memiliki keleluasaan untuk melakukan "study banding" tanpa harus beranjak ke mana pun ia bisa melihat toko mana yang menjual lebih murah atau toko mana yang menjual dengan mahal untuk produk tertentu. Kalau di bisnis konvensional konsumen seperti ini pasti keburu gempor di tengah jalan. Bandingkan harga di toko Yogya, lari ke toko di Glodok, lari lagi ke toko di Pasar Baru Bandung :D
Kenyataan di atas merupakan sifat dasar semua orang, hukum dasar ekonomi. Setiap orang ingin mendapatkan produk terbaik dengan harga termurah. Maka, jangan kejam-kejam memasang harga, sesuaikan dengan harga pasar online, jangan sampai harga yang kamu pasang lebih mahal dari semua toko online yang ada.
JNE OKE Bisa Sampai Besok?
Toko online yang baik dan saleh harusnya menyediakan banyak pilihan kurir untuk mengirimkan barang. Saya berani jamin, toko online yang hanya menyediakan pilihan PT POS KILAT KHUSUS atau JNE YES, seringkali diabaikan, di-close oleh konsumen karena mereka merasa kebobolan untuk membayar ongkos kirim lebih besar. Harga yang harus dilunasi menjadi sangat tidak rasional.
Pastikan total harga yang harus konsumen bayarkan tetap rasional, tetap sesuai dengan nilai produk yang akan konsumen dapatkan.
Masih banyak lagi keunikan konsumen toko online yang terjadi di dunia bisnis online ini. Silakan tambahakan di kolom komentar. Semoga kita termasuk pebisnis online yang senantiasa diberikan kesabaran, ketawakalan dan keramahan. Amin. Sampai jumpa di artikel berikutnya di label
Adsense Blogging.
Belum ada tanggapan untuk "Bersabar Menghadapi Konsumen Toko Online yang Unik "
Post a Comment
Berkomentar memakai akun Blogger akan lebih cepat ditanggapi, berkomentar memakai akun Facebook tergantung radar :D Terima kasih telah berkomentar